Pilih Laman

KreasiHebat – Tidaklah cukup memiliki ide hadiah perusahaan yang bagus. Anda juga harus menyajikan hadiah dengan benar. Sebab jika Anda salah atau tidak tepat malah bisa menyebabkan ketersinggungan ke penerima souvenir perusahaan. Ketika melakukannya, pastikan Anda membaca tips memberi souvenir perusahaan berikut:

  1. Berikan hadiah souvenir yang pantas.

Beberapa hal tidak boleh diberikan. Uang tunai, misalnya, selalu dipertanyakan dan tidak boleh diberikan sebagai hadiah bisnis. Hadiah mahal, seperti mobil, terkadang tampak mencurigakan, tidak peduli seberapa mulia niat Anda. Benda-benda yang terlalu pribadi, seperti perhiasan atau parfum, tidak dianjurkan untuk diberikan.

Hadiah apa pun yang Anda berikan Anda harus profesional tanpa terlihat terlalu akrab. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan hadiah Anda dengan hati-hati untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan citra perusahaan Anda dan tidak akan disalahartikan.

  1. Buatlah unik.

Banyak orang menerima pensil, kemeja, atau topi. Carilah hadiah yang akan menciptakan dampak. Sesuatu yang fungsional, menarik, dan sedikit tidak biasa akan cocok. Jika Anda buntu, pikirkan hal-hal yang ingin Anda dapatkan dari perusahaan yang berurusan dengan Anda. Pertimbangkan penerima serta jenis produk yang mereka nikmati. Hobi dan minat mereka mungkin membantu Anda menemukan hadiah yang ideal untuk mereka.

  1. Buatlah personal.

Personalisasi hadiah dengan menyertakan pesan tulisan tangan. Jika hadiah Anda tampaknya telah dikirimkan ke lusinan klien lain, hadiah itu akan tampak kurang istimewa, jadi tambahkan sesuatu yang khusus tentang penerima saja. “Saya senang bekerja dengan Anda,” misalnya. “Saya menyukai saran Anda,” menunjukkan bahwa Anda mengingat pelanggan sebagai pribadi dan bukan sebagai kelompok mitra bisnis. Tapi jangan berhenti dengan catatan. Untuk membuat pengalaman memberi hadiah tak terlupakan, carilah waktu yang tepat.

  1. Pikirkan dari sudut pandang klien.

Pertimbangkan hadiah souvenir perusahaan terakhir yang Anda dapatkan. Pertimbangkan hadiah yang membuat Anda merasa dihargai dan hal-hal yang masih Anda gunakan. Bandingkan dengan barang promosi apa pun yang Anda buang atau hadiah apa pun yang membuat Anda mengerutkan dahi.

Manfaatkan pengalaman Anda sebelumnya untuk menciptakan pengalaman memberi hadiah yang baik yang Anda inginkan untuk dimiliki klien Anda. Tempatkan diri Anda di tempat mereka dan kemudian pilih hadiah perusahaan berdasarkan jenis dan presentasi untuk mendapatkan reaksi yang sama.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Produk Souvenir Promosi Secara Efektif 

  1. Buatlah etis.

Dalam hal pemberian hadiah, pastikan Anda mengikuti prosedur bisnis yang benar. Sebelum memulai program pemberian hadiah, konsultasikan dengan HR atau atasan Anda. Anda tidak ingin sangka melakukan praktik pemberian hadiah yang tidak etis.

Jangan pernah memberikan hadiah souvenir perusahaan (terutama yang substansial) jika Anda atau penerima berada dalam perang penawaran atau jika penerima sedang mempertimbangkan langkah yang akan menghasilkan promosi untuk Anda.

Misalnya, jika pelanggan Anda saat ini sedang mencari tawaran untuk kontrak dari Anda dan perusahaan lain, jangan mengirim hadiah terima kasih sampai klien memutuskan untuk melakukannya. Jika tidak, tindakan Anda mungkin disalahartikan. Secara umum, periksa apakah orang luar akan mencurigai hadiah itu. Jika tampaknya seperti itu, tunda pengiriman hadiah Anda sampai saat yang lebih tepat.

  1. Jangan mengharapkan imbalan.

Saat memberikan hadiah kepada klien, ingatlah untuk tidak mengharapkan imbalan apa pun. Jangan membuat pemberian hadiah bergantung pada aktivitas apa pun. Misalnya, Anda hanya memberikan hadiah jika klien setuju untuk membeli sejumlah tertentu dari Anda.

  1. Bicaralah dengan akuntan Anda.

Tidak ada salahnya untuk membicarakan pemberian hadiah berupa souvenir perusahaan kepada akuntan Anda. Dengan berbicara dengan akuntan Anda bisa mengetahui anggaran yang bisa Anda gunakan untuk memberi hadiah kepada klien Itulah sedikit informasi mengenai tips memberi souvenir perusahaan.