Pilih Laman

Kebutuhan baju APD atau baju hazmat sangat dibutuhkan oleh tenaga medis untuk menangani para pasien virus Covid-19. Alat pelindung diri ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sistem keamanan bagi para tenaga medis. APD lainnya seperti sarung tangan, masker, pelindung muka, nurse cap, dll juga dibutuhkan sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Tenaga Medis

Baju APD sendiri biasa disebut dengan baju hazmat yaitu baju yang dipakai untuk melindungi tubuh dari benda-benda berbahaya. Untuk masalah virus korona maka baju ini dipakai untuk melindungi pekerja medis dari pasien yang mengeluarkan cairan seperti bersin atau batuk agar tidak menularkan ke mereka. Akan sangat berbahaya jika cairan tersebut mengenai tubuh mereka karena peluang tertularnya sangat besar. Tingginya kebutuhan akan baju ini membuat banyak jasa jual baju APD.

Fungsi utama baju APD seperti penjelasan di atas adalah sebagai pelindung diri dari penularan virus. Selain para tenaga medis, pihak yang memakai baju ini adalah para pengubur jenazah pasien yang terkena virus ini. Mereka wajib memakai peralatan pelindung diri lengkap saat melakukan proses pemakaman. Ditakutkan jika tidak memakai baju APD maka virus akan menyerang mereka saat proses penguburan.

Pengubur Mayat

Sebagai bentuk kehati-hatian mereka juga dilarang memegang peti mati yang sudah dibungkus dengan plastik. Semua hal itu merupakan prosedur yang harus dijalankan oleh semua orang yang bertugas menguburkan mayat penderita virus covid-19. Pastinya keamanan dan kesehatan para petugas menjadi perhatian penting bagi semua orang.

Virus covid-19 sangat berbahaya karena penularannya yang mudah dan cepat. Bagi pemilik penyakit bawaan serta mereka yang sudah lanjut usia akan semakin berbahaya jika terkena virus ini. Sehingga diharapkan bagi semua orang untuk berpartisipasi dalam gerakan penanganan virus ini yang digalakkan oleh pemerintah.

Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain untuk menggalakkan pola hidup sehat dan bersih. Jaga pola makan agar tidak terkena penyakit bawaan dan agar imun tubuh selalu terjaga. Selain itu rajin cuci tangan harus menjadi kebiasaan saat ini. Karena virus akan mati jika terkena detergen dari sabun. Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendadak. Menimalisir kontak dengan orang lain akan sangat penting agar tidak tertular virus ini.