Pilih Laman

Masyarakat membutuhkan edukasi pajak oleh pemerintah langsung supaya bisa ber UMKM dengan maksimal. UMKM berjalan dengan modal dan ide yang cukup, urusan pajak akan selalu tertangani. Pelaku UMKM yang patuh pajak dan memahami regulasinya pasti bisa mencapai level bisnis yang diinginkan. Selain edukasi langsung oleh pemerintah, pelaku UMKM mungkin juga akan membutuhkan jasa konsultan pajak Jogja.

Edukasi Pajak Untuk UMKM

Pemerintah sudah menjamin atas mudahnya akses bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi regulasi pajak. Khususnya soal keringanan pajak daerah dan insentif pajak. Regulasi yang terbaru ada dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021, yang mengatur tentang Pemberdayaan, Perlindungan, dan Kemudahan Koperasi serta UMKM.

Dijelaskan bahwa dalam insentif fiskal yang berwujud keringanan dan pengurangan pajak daerah. Selain pajak daerah, juga ada keringan retribusi daerah serta diberikan modal untuk koperasi dan UMKM.

Menurut sumber yang valid, UMKM yang ada di Indonesia sudah menggapai level digitalisasi di angka 15,3 juta atau 23,9%. Sama artinya sudah naik sebanyak 7,3 juta dari target sebesar 30 juta untuk tahun 2024 nanti.

Salah satu yang dijadikan indikator dalam pengembangan bisnis UMKM adalah aspek kemitraan dengan sektor usaha yang skalanya lebih besar. Dan perkiraannya, salah satu yang jadi pengganjal dalam pengembangan ini adalah minimnya koneksi UMKM dengan rantai nilai global.

Dalam Undang-Undang yang mengatur UMKM, besarnya PPh Final yang dikenakan UMKM adalah 0,5%. Turun dari yang tadinya sebesar 1%. Peraturan ini juga didukung dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018.

Ditambah dengan insentif yang diberikan dengan batasan Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP, dengan peredaran bruto Rp500 juta dalam satu tahun.

Antara sektor bisnis UMKM satu dengan lainnya bisa mendapatkan aspek pajak berbeda. Bisnis yang menawarkan jasa dengan yang menawarkan produk akan berbeda aspeknya. Dan semisal sama-saam menawarkan jasa, ketika ada objek yang direntalkan atau disewakan, akan ada tambahan pajaknya.

Ada pajak yang dikenakan pada Wajib Pajak atau Subjek Pajaknya, juga ada pajak yang dikenakan konsumen atau pelanggannya. Namun tetap saja pajak yang dikenakan ke pelanggan ini, pada periode waktu tertentu akan dilaporkan oleh pelaku bisnisnya.

Jasa Konsultan Pajak UMKM Jogja Taxtix

Memulai UMKM sebenarnya tidaklah sulit, namun ketika ada urusan administrasi yang tak biasa diselesaikan sendiri, bia jadi pengganjal. Meski mungkin sudah cukup banyak wawasan pajak di internet, Anda tetap boleh saja membutuhkan jasa konsultan pajak Jogja.

Jasa konsultan pajak Jogja yang bisa hitungkan sampai melaporkan pajak dari UMKM. Ada Taxtix yang menawarkan layanan ini, untuk membantu UMKM Anda sampai ke level tertentu sesuai keinginan Anda.